Efek Samping Suntik Vitamin C

Kamis, 23 Mei 2013

Banyak orang menginginkan kulit cantik, putih dan cerah alami. Namun semua itu ditempuh dengan berbagai macam cara, ada yang menggunakan cara alami seperti mengkonsumsi makanan, sayuran dan buah - buahan yang mengandung banyak vitamin c dan ada juga yang menggunakan cara pintas untuk mendapatkan kecantikan kulit yang cepat, yaitu dengan melakukan suntik vitamin c. Memang benar, untuk mendapatkan kecantikan kulit secara singkat cara ini cukup efektif. Akan tetapi apa ada efek sampingnya? Tentu ada. Yaitu dampak pada kesehatan secara tidak langsung, karena ada sebuah proses yang disingkat, yaitu dimana untuk masuknya vitamin c tersebut ke dalam tubuh harus melalui penyerapan pencernaan makanan yang mengandung vitamin c namun disuntikkan langsung masuk ke pembuluh darah. Dengan demikian, mau atau tidak tubuh kita harus menerima vitamin c tersebut sepenuhnya. Padahal vitamin c yang ada dibutuhkan oleh tubuh kita memiliki ukuran masing - masing sesuai dengan kondisi tubuh. Nah, apa dampaknya?

Dampak Suntik Vitamin C

Berikut adalah dampak suntik vitamin c yang dapat menggangu kesehatan tubuh :
  • Memberatkan kerja hati dan ginjal. Pada umumnya, vitamin c larut  di dalam air. Sedangkan suntik untuk vitamin c ini biasanya memiliki dosis yang cukup tinggi, yaitu sekitar 4gram/ suntikan. Ini tentu sangat berbahaya karena efeknya akan memperberat kinerja ginjal dan semakin lama orang tersebut akan mengalami gagal ginjal karena ginjalnya yang terlalu berat bekerja dan rusak.
  • Mempercepat Menopause. Menopause adalah proses wanita yang tidak lagi mengalami menstruasi. Menopause ini pada umumnya dialami oleh wanita usia 50 tahun, namun dengan penggunaan suntik vitamin ini makan menopause akan terjadi lebih dini dan pada umumnya wanita yang sering melakukan suntik injeksi ini mengalami menopause pada usia 40 tahun.
  • Menderita batu ginjal, kelebihan zat besi dan penyakit maag. Wanita yang melakukan suntik injeksi ini lama kelamaan lambungnya pun juga akan terkena dampak dari efek karena kelebihan vitamin c. Vitamin c bersifat asam dan ketika lambung sangat bersifat asam maka wanita tersebut akan terkena penyakit maag. Hal ini sering terjadi ketika telat sedikit waktu makan.

Mengurangi Dampak Suntik Vitamin C

“Lebih baik mencegah, daripada mengatasi”, itulah kalimat yang sering dibicarakan orang. Memang suntik vitamin c cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun bagi anda yang sudah terlanjur menggunakannya bisa mengurangi efek samping tersebut dengan memperbanyak minum air putih. Dan bagi anda yang memiliki niat untuk mencobanya, sebaiknya urungkan niat tersebut jika ingin tetap sehat. Gunakanlah cara - cara alami seperti mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin c.