5 Buah Vitamin B Yang Perlu Diketahui

Senin, 27 Mei 2013

Vitamin B merupakan salah satu vitamin yang cukup dibutuhkan oleh tubuh, biasanya disebut juga vitamin B Kompleks. Vitamin B kompleks dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melepaskan energi yang didapatkan dari makanan yang berkabohidrat, memiliki protein dan lemak. Dan darimana kita mendapatkan makanan atau buah yang mengandung vitamin B kompleks ini. Apakah susah kita mendapatkannya? Tidak, sebenarnya semua makanan memiliki kandungan vitamin b kompleks, hanya saja kandungannya tidak begitu banyak. Vitamin B kompleks terdiri dari 8 vitamin yang masing - masing memiliki fungsi dan tugas penting dalam metabolisme sel tubuh kita. 8 vitamin B kompleks tersebut adalah vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin H atau vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B12 (cobalamins). Nah, di bawah ini adalah beberapa buah vitamin b yang bisa kita konsumsi untuk bisa mendapatkan berbagai manfaatnya.

Buah Vitamin B Yang Bisa Dikonsumsi

Berikut ini adalah sebagian dari berjuta buah vitamin b yang bisa kita konsumsi
  1. Pisang. Buah pisang mengandung vitamin b, yaitu thiamin, riboflavin, niacin, dan vitamin B6 (pyridoxine). Kandungan vitamin B6 pada pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram.
  2. Singkong. Singkong adalah salah satu buah yang cukup popoler di Indonesia karena memang singkong kaya akan vitamin dan nutrisi. Buah singkong ini merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin b yang cukup tinggi, diantaranya adalah protein, lemak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, vitamin E, vitamin A, vitamin K, gula alami, dan karbohidrat.
  3. Apel. Buah apel memiliki kandungan vitamin B-kompleks seperti seperti riboflavin, thiamin, dan piridoksin (vitamin B-6).
  4. Tomat. Kandungan folat atau vitamin B pada tomat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah dan DNA.
  5. Pepaya. Buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin B yang sangat diperlukan untuk tubuh kita.
buah-vitamin-b

Itulah 5 buah vitamin b yang perlu anda ketahui untuk memperkaya buah yang mengandung vitamin b atau yang biasa disebut dengan vitamin b kompleks. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.